SISTEM INFORMASI PELAYANAN DAN PENGADUAN MAHASISWA DI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS IBRAHIMY BERBASIS WEBSITE

  • Nur Lailatul Jamaati Latifa Universitas Ibrahimy
  • Ahmad Lutfi Universitas Ibrahimy
  • Achmad Baijuri Universitas Ibrahimy
Keywords: Sistem informasi, pelayanan dan pengaduan mahasiswa, Fakultas Sains dan Teknologi

Abstract

Sistem Informasi Pelayanan dan Pengaduan Mahasiswa di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ibrahimy Berbasis Website adalah suatu sistem yang dirancang untuk memudahkan proses pelayanan dan pengaduan mahasiswa. Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi pengelolaan data aduan mahasiswa serta memperbaiki kualitas layanan akademik, keuangan, dan sarana prasarana di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ibrahimy. Dengan menggunakan teknologi informasi, sistem ini dapat membantu para mahasiswa dalam penyampaian aspirasi mereka serta mempermudah pihak perguruan tinggi dalam mengelola aduan mahasiswa. Sistem ini juga dapat meningkatkan pengelolaan dalam perekapan aduan mahasiswa antara yang belum terselesaikan atau yang sudah terselesaikan untuk menghindari permasalahan yang akan terjadi dalam perekapan aduan mahasiswa. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan, analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Adanya sistem ini diharapkan dapat menjadi solusi yang cepat dan tepat untuk meningkatkan kualitas layanan akademik, keuangan, dan sarana prasarana di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ibrahimy.

References

Herfandi, Yuliadi, S. N. Abdillah, and E. S. Susanto, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengaduan Layanan Sarpras Di Universitas Teknologi Sumbawa Berbasis Web,” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 3, no. 1, pp. 308–315, 2021, doi: 10.51401/jinteks.v3i1.984.

M. Naomi, H. Noprisson, F. I. Komputer, U. Mercu, and B. Jakarta, “Analisa Dan Perancangan Sistem Pengaduan Mahasiswa Berbasis Web ( Studi Kasus : Universitas Mercu Buana Kranggan ),” 2, vol. 1, no. 5, pp. 185–193, 2020.

B. L. Prandawa and A. Muliawati, “PENGADUAN SARANA DAN PRASARANA BERBASIS WEB ( Studi Kasus : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta ),” J. Semin. Nas. Mhs. Ilmu Komput. dan Apl., pp. 123–135, 2020.

Dian Pramadhana, “Sistem Informasi Pengaduan Mahasiswa Politeknik Baja Tegal Berbasis Web,” J. Tek. Inform. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 123–130, 2022, doi: 10.55606/jutiti.v2i3.457.

I. N. Niati, L. Hadjaratie, and T. Abdillah, “Sistem informasi pelayanan pengaduan mahasiswa berbasis android,” vol. 3, no. 1, pp. 14–26, 2023.

K. Fuadi, “Sistem Informasi Manajemen Pelayanan dan Pengaduan Siswa Berbasis Web,” J. Ilm. Mhs. Sist. Inf. dan Komputer Akuntansi, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2023, doi: 10.33365/jimasika.v1i1.2494.

A. F. Setianda and N. D. Saputro, “Aplikasi Sistem Informasi Pengaduan Mahasiswa Di UPT TIK Universitas PGRI Semarang,” Sci. Eng. Natl. Semin. 5 (SENS 5), vol. 5, no. Sens 5, pp. 679–685, 2020.

W. U. S. Manalu, L. Hakim, and C. Wulandari, “Sistem Informasi Pengaduan Siswa Berbasis Website Dengan Framework Laravel,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 3, pp. 1005–1013, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i3.3368.

I. Cetak, I. Online, B. Eksekutif, and M. Berbasis, “DECODE : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi,” vol. 3, no. 1, pp. 1–11, 2023.

L. Fitria, N. J. Majid, and A. Sokhibi, “Journal Of Industrial Engineering And Technology ( Jointech ) UNIVERSITAS MURIA KUDUS MEMPERKECIL RISIKO KECELAKAAN KERJA,” Jointech Umk, vol. 2, no. 1, pp. 33–42, 2020.

Published
2024-08-10