STUDI KELAYAKAN APLIKASI DIGITAL INTERAKTIF “KIDS COMPOSER” MENGGUNAKAN ANALISIS USABILITY

  • Noor Hasyim Universitas Dian Nuswantoro
  • Auria Farantika Yogananti Universitas Dian Nuswantoro
Keywords: aplikasi digital, kids composer, musik, usability

Abstract

Aplikasi digital interaktif sekarang ini sudah mulai diterapkan dalam sistem pembelajaran salah satunya yang sudah dilakukan adalah multimedia interaktif sebagai pelajaran. Salah satu aplikasi digital yang dibuat sebagai media pembelajaran adalah aplikasi digital “Kids Composer”. Aplikasi digital interaktif “Kids Composer” adalah aplikasi yang dibuat untuk mengenalkan alat musik tradisional dan modern. Sebelum diberikan kepada terget audiens utama yaitu anak usia dini dibutuhkan uji kelayakan aplikasi melalui analisis usability. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan responden dari dosen dan mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual untuk mendapatkan respon terkait uability dari aplikasi interaktif “Kids Composer” berdasarkan kriteria Nielsen yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction. Hasil yang didapat dari kuesioner menunjukkan bahwa aplikasi digital interaktif “Kids Composer” memiliki tingkat usability yang baik sehingga layak untuk diberikan kepada target audiens utama yaitu anak usia dini.

References

Munawar, M., Fakhruddin, RC, A. R., & Prihatin, T. (2019). Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Literasi Digital. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA 2019 (hal. 193-197). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Bungsu, A., Purnama, P. N., & Wijayanti, L. (2023). Budaya Literasi Era Digital pada Perkembangan Penerbitan Koleksi Elektronik di Indonesia. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi Volume 7 Nomor 2, 141-150.

Handayani, I., Setiadi, A., & Azhar, R. (2021). Perancangan Multimedia Interaktif Sebagai Pelajaran TIK Untuk SDN Poris Gaga 8 Tangerang. MAVIB Journal, 250-261.

Putra, G. P., & Azam, M. N. (2023). Analisis Usability dan User Experience pada Aplikasi Musea AR Dengan Metode System Usability Scale dan User Experience Questionnaire. JATI Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika Vol. 7 No. 3, 2063-2070.

Mahfudh, A. A., Rizki, F. A., & Alfaza, A. S. (2020). Tingkat Ketergantungan (Usability) E-learning di Fakultas Saitek UIN Walisongo Semarang. Walisongo Journal of Information Technology Vol. 2 No. 2, 105-114.

Irawana, T. J., & Desyanri. (2019). Seni Musik Serta Hubungan Penggunaan Pendidikan Seni Musik untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 222- 232.

Published
2024-08-10