PROSES DESIGN THINKING DENGAN DIBANTU GENERATIVE ARTIFICAL INTELIGENCE (GAI)
Abstract
Proses Design Thinking telah menjadi pendekatan yang krusial dalam pengembangan produk dan solusi inovatif. Dalam upaya untuk memperkaya proses ini, mahasiswa desain produk dalam pembelajaran studio produk 1 diperkenalkan dengan teknologi Generative Artificial Intelligence (GAI) midjourney sebagai alat bantu untuk menghasilkan ide-ide kreatif dan solusi inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis penerapan GAI pada tahap develop dari Design Thinking dalam konteks pengembangan produk. Melalui pendekatan research through design, penelitian ini mengintegrasikan praktik dan metodologi desain untuk menghasilkan pengetahuan baru. Temuan penelitian menyoroti manfaat GAI pada tahap develop, seperti diversifikasi ide secara cepat dan luas, serta memberikan stimulus kreatif yang memperluas paradigma desainer dalam mencari solusi desain. Implikasi praktis dari penggunaan GAI dalam proses Design Thinking juga dibahas untuk memberikan wawasan yang berharga bagi mahasiswa desain produk, membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi kemajuan teknologi kecerdasan buatan.
References
G. Lawton, “What is generative AI? Everything you need to know,” Techtarget, 2023. https://www.techtarget.com/searchenterpriseai/definition/generative-AI (accessed Jun. 30, 2023).
B. Durmaz, S. Platt, and T. Yigitcanlar, “Creativity, culture tourism and place-making: Istanbul and London film industries,” Int. J. Cult. Tour. Hosp. Res., vol. 4, no. 3, pp. 198–213, 2010, doi: 10.1108/17506181011067592.
T. H. Davenport and N. Mittal, “How Generative AI Is Changing Creative Work,” Harvard Business Review, 2022. .
N. Anantrasirichai and D. Bull, Artificial intelligence in the creative industries: a review, vol. 55, no. 1. Springer Netherlands, 2022.
Z. Epstein and A. Hertzmann, “Art and the science of generative AI,” Science, 2023. .
D. Gumulya, “Meningkatkan Kemampuan Apresiasi Seni Visual Siswa Sma Melalui Pelatihan Rutinitas Berpikir Seni ‘ See Think Wonder ,’” Lentera Widya, vol. 4, no. 2, 2023, doi: https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v4i2.561.
H. Platner, “An introduction to Design Thinking,” Iinstitute Des. Stanford, 2015.
A. Herdiana, “Transformasi Pendidikan di Era Digital,” Kumparan, 2022. https://kumparan.com/aan-herdian89/transformasi-pendidikan-di-era-digital-1zG74Ilpzc4 (accessed Jul. 01, 2023).
D. Gumulya, D. Produk, and U. P. Harapan, “Pelatihan Proses Desain Produk Dibantu Generative Artifical,” vol. 5, no. 1, pp. 11–22, 2023.
Design Council, “The Double Diamond A universally accepted depiction of the design process.,” 2024. https://www.designcouncil.org.uk/our-resources/the-double-diamond/ (accessed Mar. 09, 2024).
J. Zimmerman and J. Forlizzi, “Research through design in HCI,” Ways Knowing HCI, pp. 167–189, Jan. 2014, doi: 10.1007/978-1-4939-0378-8_8/COVER.
J. Kim and M. Lou Maher, “The Effect of An AI Model for Conceptual Similarity on Design Ideation in a Co-creative Design System,” 2023, doi: 10.54941/ahfe1004044.
J. Makokha, “Future Ai Systems: An Ai Outperforms a Human as Teammate,” 2023.
A. Grech, J. Mehnen, and A. Wodehouse, “An Extended AI-Experience: Industry 5.0 in Creative Product Innovation,” Sensors, vol. 23, no. 6, 2023, doi: 10.3390/s23063009.