PENGEMBANGAN GAME 2D COINQUEST MENGGUNAKAN UNITY
Abstract
Game 2D "COINQUEST" menggunakan Unity, dengan fokus pada desain karakter, antarmuka pengguna, dan mekanisme permainan. Penelitian ini melibatkan tiga peneliti dari Program Studi Sistem Komputer Universitas Pembangunan Panca Budi, Medan. Penggunaan Unity sebagai game engine memberikan fleksibilitas dalam pengembangan game multi-platform. Game ini dirancang untuk platform Android, mengikuti teknologi berbasis perangkat bergerak. Metode penelitian eksperimental digunakan dengan pengumpulan data melalui observasi dan studi pustaka. Hasil pengembangan mencakup desain karakter utama, monster, dan jebakan. Menu utama, level, shop, setting, in-game, pause, dan kondisi kematian telah diimplementasikan sesuai desain. Pengujian sistem menunjukkan mekanisme game berfungsi dengan baik.Kesimpulannya, meskipun masih terdapat beberapa kekurangan, pengembangan game "COINQUEST" memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan industri game dan teknologi berbasis perangkat bergerak.
References
A. P. M. Fazriyanor Kaurie, “Pengembangan Teknologi Game Indonesia untuk Game 2D “HEROES OF INDONESIA” Menggunakan Unity 2D Engine Berbasis Mobile,” Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, vol. 11, no. 2, pp. 2483-2494, 2020.
L. R. Y. Dimas Prayoga, “PENGEMBANGAN GAME 2D PLATFORMER “VIRUS MUST DIE” BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY,” S A I N T E K O M, vol. 12, no. 2, pp. 200-209, 2022.
I. H. M. A. F. S. R. S. Robert Kristianus Gea, “PERANCANGAN APLIKASI GAME 2D KILL GHOST MENGGUNAKAN UNITY,” Jurnal Informatika Kaputama, vol. 7, no. 1, pp. 100-112, 2023.
I. F. Anshori, “PERANCANGAN GAME “LAST NIGHT” MENGGUNAKAN UNITY 3D,” JURNAL RESPONSIF, vol. 4, no. 2, pp. 168-172, 2022.
M. Mega Budiwansyah, “Pembuatan Game Zombie Smasher dengan Unity berbasis Android,” Jurnal IKRAITH-INFORMATIKA, vol. 7, no. 1, pp. 116-125, 2023.
H. A. B. A. M. Sulaiman Aula, “ANALISA DAN PERANCANGAN GAME EDUKASI STUDENT ADVENTURE 2D MENGGUNAKAN SCRATCH 2.0 PADA SMK NEGERI 1 AL-MUBARKEYA,” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 1, pp. 21-28, 2020.
I. F. A. Muhammad Adam, “Perancangan Game Puzzle Platformer Ploop,” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 1, pp. 34-48, 2023.
A. P. M. Fazriyanor Kaurie, “Pengembangan Teknologi Game Indonesia untuk Game 2D “HEROES OF INDONESIA” Menggunakan Unity 2D Engine Berbasis Mobile,” Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, vol. 11, no. 2, pp. 2483-2494, 2020.
L. R. Y. Dimas Prayoga, “PENGEMBANGAN GAME 2D PLATFORMER “VIRUS MUST DIE” BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY,” S A I N T E K O M, vol. 12, no. 2, pp. 200-209, 2022.
I. H. M. A. F. S. R. S. Robert Kristianus Gea, “PERANCANGAN APLIKASI GAME 2D KILL GHOST MENGGUNAKAN UNITY,” Jurnal Informatika Kaputama, vol. 7, no. 1, pp. 100-112, 2023.
I. F. Anshori, “PERANCANGAN GAME “LAST NIGHT” MENGGUNAKAN UNITY 3D,” JURNAL RESPONSIF, vol. 4, no. 2, pp. 168-172, 2022.
M. Mega Budiwansyah, “Pembuatan Game Zombie Smasher dengan Unity berbasis Android,” Jurnal IKRAITH-INFORMATIKA, vol. 7, no. 1, pp. 116-125, 2023.
H. A. B. A. M. Sulaiman Aula, “ANALISA DAN PERANCANGAN GAME EDUKASI STUDENT ADVENTURE 2D MENGGUNAKAN SCRATCH 2.0 PADA SMK NEGERI 1 AL-MUBARKEYA,” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 1, pp. 21-28, 2020.
I. F. A. Muhammad Adam, “Perancangan Game Puzzle Platformer Ploop,” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 1, pp. 34-48, 2023.
E. M. A. J. W. S. W. Monel Lindu Sagala, “Pengembangan Game Platformer 2D Menggunakan Teknik Projection Mapping,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 1, no. 11, pp. 1160-1168, 2017.
R. S. Habdi, “PEMBUATAN GAME BALAP KELINCI DENGAN UNITY BERBASIS ANDROID,” Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 7, no. 1, pp. 19-26, 2021.
,. I. K. P. Agung Nopriansyah, “Rancang Bangun Game 2D Shooter Menggunakan Metode Finite State Machine,” SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, vol. 19, no. 2, pp. 171-177, 2022.
R. Noval Kustriawan, “PEMBUATAN GAME BAMBOO MENGGUNAKAN APLIKASI UNITY 3D,” Journal of Applied Multimedia and Networking, vol. 2, no. 2, 2018.
C. T. I. R. I. A. Muhammad Nur Kholis, “Design and Build 2D Android-based Adventure Game “Excuse Me”,” Procedia of Engineering and Life Science, vol. 2, no. 2, 2022.
C. T. Filsa Okta Ari putri, “Rancang Bangun Game 2D “East Java Adventure” Menggunakan Unity,” Journal of Animation and Games Studies, vol. 9, no. 2, pp. 95-116, 2023.
N. J. A. T. A. A. S. Kherina Surya Ningsih, “APLIKASI BUKU TAMU MENGGUNAKAN FITUR KAMERA DAN AJAX BERBASIS WEBSITE PADA KANTOR DISPORA KOTA MEDAN,” Jurnal Sains, Informatika, dan Tekonologi, vol. 1, no. 3, 2022.
,. D. A. N. Nur Ariesanto Ramdhan, “RANCANG BANGUN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI SKRIPSI ONLINE BERBASIS WEB,” Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS, vol. 1, no. 2, pp. 1-12, 2019.
A. A. L. M. H. R. N. I. H. P. Ahmad Zainy, “PENGENALAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN MEMBUAT WEBSITE PADA HTML SMK SWASTA HARAPAN PADANGSIDIMPUAN,” JURNAL ADAM : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, vol. 1, no. 2, pp. 335-338, 2022.