PENENTUAN PROMOSI JABATAN KARYAWAN MENGGUNAKAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN METODE MOORA

  • Gunawan Gunawan Universitas Mulia
  • Isa Rosita Universitas Mulia
  • Donny Azhari Siddik Universitas Mulia
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, MOORA, Promosi Jabatan Karyawan

Abstract

Promosi jabatan adalah suatu proses apresiasi terhadap karyawan yang diwujudkan dalam bentuk perubahan golongan atau jabatan yang lebih baik atau tinggi. Manajemen sumber daya manusia yang baik akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Namun, masih banyak perusahaan dalam menaikkan posisi jabatan karyawannya tidak sesuai yang diharapkan, sehingga dalam menjalankan tugasnya banyak mengalami kesulitan bahkan menimbulkan permasalahan baru yang berdampak pada roda perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan karyawan yang layak untuk promosi jabatan dengan mengimplementasikan metode Multi-Objective Optimization on the basis of Ratio Analysis (MOORA) dalam sistem pendukung keputusan dengan studi kasus pada Permata Abadi Group. Metode MOORA digunakan pada sistem pendukung keputusan pada penelitian ini karena memiliki tingkat fleksibilitas dan kemudahan untuk dipahami dalam memisahkan bagian subjektif dari suatu proses evaluasi kedalam kriteria bobot keputusan dengan beberapa atribut pengambilan keputusan. hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Metode MOORA dapat diterapkan pada sistem pendukung keputusan promosi jabatan karyawan dan dapat menunjukan rangking karyawan yang layak untuk promosi jabatan.

References

S. Rahayu, “Pengaruh Promosi Jabatan Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Garuda Metalindo,” Jurnal Kreatif : Pemasaran, Sumberdaya Manusia dan Keuangan, pp. 59-75, 2017.

Rudianto dan Sopyan, “Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Kenaikan Jabatan Pada PS. Air Minum Jaya Dengan Menggunakan Metode SMART,” JITE (Journal of Informatics and Telecommunication Engineering), pp. 134-141, 2019.

E. Ningsih, Dedih dan Supriyadi, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Peluang Usaha Makanan Yang Tepat Menggunakan Weighted Product (Wp) Berbasis Web,” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 9, pp. 244-254, Desember 2017.

M. M. Nizar, R. Adit dan F. P. Aditiawan, “Implementasi Metode MOORA Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartwatch Terbaik,” Jurnal Informatika dan Sistem Informasi (JIFoSI), vol. 2, pp. 34-42, Maret 2021.

M. R. . Bazhrullah, Tina Tri Wulansari, Nariza Wanti Wulan Sari, F. Fahrullah, and Dedy Mirwansyah, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Promosi Produk Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA)”, LOFIAN, vol. 1, no. 2, pp. 59–64, Mar. 2022.

Isa Rosita, Gunawan, and Desi Apriani, “Penerapan Metode Moora Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Media Promosi Sekolah (Studi Kasus: SMK Airlangga Balikpapan),” METIK JURNAL, vol. 4, no. 2, 2020, doi: 10.47002/metik.v4i2.191.

Saefudin dan S. Wahyunignsih, “Sistem Pendukung Keputusan untuk penilaian kinerja menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) pada RSUD Serang,” Jurnal Sistem Informasi, vol. 1, 2014.

D. A. Putri, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Penerima Beasiswa Berprestasi Pada Program Studi Teknik Informatika Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting,” JuPerSaTek (Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, dan Komputer, vol. 3, pp. 12-27, 2020.

Poningsih, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Ranking Kenaikan Gaji Staff dan Karyawan,” TECHSI, vol. 11, pp. 247-256, Juli 2019.

C. Fadlan, A. P. Windarto dan I. S. Damanik, “Penerapan Metode MOORA Pada Sistem Pemilihan Bibit Cabai (Kasus : Desa Bandar Siantar Kecamatan Gunung Malela),” Journal of Applied Informatics and Computing (JAIC), vol. 3, pp. 42-46, Desember 2019.

Published
2022-12-12