IMPLEMENTASI ANALISIS DATA PENJUALAN PRODUK ELEKTRONIK MEMANFAATKAN WEB SCRAPING DAN POWER BI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan teknik web scraping dengan Python dalam mengumpulkan data penjualan produk elektronik dari platform E-marketplace. Pengumpulan data dilakukan dengan mencatat harga, rating, ulasan, dan atribut produk yang relevan. Metode Software Development Life Cycle (SDLC) seadanya digunakan dalam mengembangkan aplikasi analisis data ini. Hasil pengumpulan data kemudian diolah dan dianalisis menggunakan aplikasi Power BI, dengan visualisasi menggunakan berbagai diagram grafik yang menarik. Analisis data yang mendalam memberikan wawasan yang berharga tentang tren dan perbandingan produk yang sedang populer di pasar. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi signifikan bagi dunia bisnis elektronik dengan memberikan informasi yang mendukung pengambilan keputusan yang cerdas.
References
[2] Setiawan, D. F.; Tristiyanto; Astria Hijriani, 2020, Aplikasi Web Scraping Deskripsi Produk, Jurnal TEKNOINFO Vol. 14, No. 1, 41-47.
[3] Nurmiyanti, Faizah, H.; Auzar, 2023, Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Gurindam 12 Raja Ali Haji, Jurnal Pendidikan dan Konseling, Volume 5 Nomor 1.
[4] Nafiisa, B. L.; Putri, Y. N.; Ayunin, Q., 2022, Dashboard Visualisasi Data UMK Sebagai Alat Pengambilan Keputusan Menggunakan Microsoft Power BI. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, Vol. 17, No. 2, 86-105.
[5] Aqmilla, D., 2022, Perancangan Media Pembelajaran Bahasa Pemrograman Python Menggunakan Aplikasi Scratch Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN).
[6] Sopian, A.; Dharmalu, A.; Alpindo, 2022, Pemanfaatan Teknik Web Scraping Python Untuk Sistem Pencarian Produk Di Toko Online, Jurnal Elektro & Informatika Swadharma (JEIS), Volume 02 Nomor 02.