UPAYA MENCEGAH KEKERASAN SEKSUAL ANAK USIA DINI MELALUI PERAN ORANG TUA DAN LEMBAGA PENDIDIKAN

  • Dessy Islamiyati Universitas Mulia
  • Norlaila Norlaila Universitas Mulia
  • Bety vitriana Universitas Mulia
Keywords: anak usia dini, kekerasan seksual, personal safety skill

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tingginya angka kekerasan seksual pada anak yang menjadi perhatian khusus bagi pemerintah, lembaga pendidikan serta orang tua. Peranan lembaga pendidikan dan orang tua dalam memberikan pendidikan seks pada anak sangat diperlukan sebagai upaya mencegah kekerasan seksual. Adapun skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua dan lembaga pendidikan dalam penerapan personal safety skill sebagai upaya mencegah kekerasan seksual anak usia 3-6 tahun di TKIT Mardhatillah Balikpapan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode observasi dan wawancara. Sumber data primer bersumber dari kepala sekolah, guru dan orang tua murid. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran lembaga pendidikan dan orang tua dalam menerapkan pembelajaran personal safety skill ialah telah berperan dan bermanfaat serta berdampak positif bagi anak. Penerapan pembelajaran yang dilaksanakan di kelas disesuaikan dengan tahap usia anak dengan mengenal anggota tubuh, fungsi dan batasan antara laki-laki dan perempuan serta belajar cara mengenal, bertahan dan melaporkan tindak kekerasan seksual. Pembelajaran personal safety skill yang telah diajarkan oleh orang tua dan lembaga pendidikan menjadikan anak belajar perlindungan diri.

References

"KEMEN PPPA RI," senin januari 2023. [Online]. Available: kemenppa.go.id.

KaltimToday, "DP3AKB Balikpapan Terima 34 Aduan Terkait Kasus Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak," July 2022. [Online]. Available: kaltimtoday.co.

A. M. I. N. Neng Lani Ligina, "Peran Orang Tua Dalam Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Sekolah Dasar Di Kota Bandung," ejournal.Umm vol.9 no.2, 2018.

W. S. H. R. Hapsari R.A, "Perbandingan Pemahaman Seks Anak Usia 4-5 tahun Ditinjau dari Penerapan Pendidikan Seks," Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 6(3), 2022.

R. N. Lili Kasmini, Desain Pembelajaran Pendidikan Seks Bernuansa Islami Untuk Anak Usia Dini, Aceh: Bandar Publishing, 2016.

R. R. D. N. S. N. Fidya Ismiulya, "Analisis Pengenalan Edukasi Seks Pada Anak Usia Dini," Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 6(5), 2022.

K. M. Aspriadi A, "Peran Lembaga Pendidikan dalam Pencegahan dan Penanggulangan Tindakan Kekerasan Pada Siswa," Jurnal Sosial dan Humaniora Vol. 4 No.3, 2020.

A. H. S. R. R. A. Kuswardinah, "The Effect of Parenting, Teacher's Role, and Peers on Children's Personal Safety Skill in Tangerang," Public Health Perspectives Journal 4 (3), 2019.

O. N. S. B. V. Nur Arfiani, "Bijak Menjadi Orang Tua Sebagai Bentuk Perlindungan Anak Dalam Menjalani Kegiatan Belajar Dari Rumah Selama Pandemi COVID 19," Jurnal Rechtens, vol 9 no 2, 2020.

Susanti, Persepsi Dan Cara Pemberian Pendidikan Seksual Pada Anak TK, Indramayu, Jawa Barat: Penerbit Adab, 2020.

I. N. S. S. Nurul Mahmudah Umar, Efektivitas Personal Safety Skill Terhadap Peningkatan Kemampuan Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak Ditinjau dari Jenis Kelamin, Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2018.

R. P. Andayani, R. Afnuhazi, S. Dafris, P. R. Huda, Y. H. D. Ningsih, D. O. Surya, Guslinda and V. S. Sapardi, "Implementasi Personal Safety Skill Untuk Mencegah Kekerasan Seksual Pada Anak Sekolah Dasar," Jurnal Abadi Mercusuar vol 2 no 2, 2022.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2022.

D. R. Yahya, "Efektifitas Penggunaan Metode Percobaan Sederhana Dan Demonstrasi Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Anak Usia 5-6 Tahun," Doctoral dissertation, Thesis Universitas Negeri Yogyakarta, 2020.

WHO, "WHO South-East Asia Journal Of Publich Health," Desember 2017. [Online].

IniBalikpapan, "Dalam Dua Tahun Terakhir Terjadi 74 Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak," Januari 2021. [Online]. Available: IniBalikpapan.com.

Published
2023-08-21