READ ALOUD DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Mujiati Universitas Mulia
  • Norlaila Universitas Mulia
  • Bety vitriana Universitas Mulia
Keywords: anak usia dini, Perkembangan bahasa, bahasa reseptif, read aloud

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan bahasa reseptif pada anak kelompok B di RA Al Kahfi Balikpapan yang masih rendah. Belum semua anak memenuhi penilaian BSH pada setiap indikator perkembangan bahasa reseptif seperti mampu mengulang kalimat yang lebih kompleks,  memahami aturan, melakukan perintah serta masih rendahnya minat anak yang menyenangi dan menghargai bacaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode read aloud dalam proses pembelajaran guna meningkatkan perkembangan bahasa reseptif dan untuk mengetahui peningkatan perkembangan bahasa reseptif anak melalui metode read aloud. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 13 siswa, penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan pada setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi  dan instrumen penelitian berupa pedoman observasi dan catatan anekdot peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa capaian perkembangan bahasa reseptif anak dengan penilaian BSH meningkat menjadi 69,22%  pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 82,69% sedangkan penilaian BSB meningkat sebesar 17,30 %. Saran bagi guru dan peneliti selanjutnya agar dapat menggunakan metode ini dengan penggunaan alat dan bahan ajar yang lebih bervariatif.

References

S. Widaningsih and E. Daryati, “Pengembangan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Dengan Teman Sebayanya,” J. El-Audi, vol. Volume 4, no. 1, pp. 26–32, 2023, doi: DOI: 10.56223/elaudi.v4il.76.

D. R. Yahya, “Efektivitas Penggunaan Metode Percobaan Sederhana Dan Demonstrasi Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Anak Usia 5-6 Tahun,” 2020, Accessed: Oct. 08, 2023. [Online]. Available: https://eprints.uny.ac.id/70457/1/fulltext_dian%20ramadhani%20yahya_17717251003.pdf

A. Isna, “Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini,” STAINU Purworejo JurnalAlAthfal, vol. Volume 2 Nomor 2, no. 2, p. Hal. 62-69, 2019.

“Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.” 2014. [Online]. Available: www.peraturan.go.id

S. A. Khosibah and D. Dimyati, “Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia,” J. Obsesi J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. Volume 5, no. 2, p. Hal. 1860-1869, Jan. 2021, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.1015.

N. Arfiani, O. Nofia Sari, and B. Vitriana, “Bijak menjadi Orang Tua sebagai Bentuk Perlindungan Anak dalam Menjalani Kegiatan Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19,” J. RECHTENS, vol. 9, no. 2, pp. 127–140, Dec. 2020, doi: 10.36835/rechtens.v9i2.790.

S. Tatminingsih, “Analisis Proses Pengembangan Big Book sebagai Strategi untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini,” J. Obsesi J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. Volume 6, no. 6, p. Hal. 6123-6136, Oct. 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i6.3384.

M. Khaironi, “Perkembangan Anak Usia Dini,” J. Gold. Age, vol. Volume 2, no. 01, p. Hal. 01, 2018, doi: 10.29408/goldenage.v2i01.739.

E. Akbar, Metode Belajar Anak Usia Dini, 1st ed. Jakarta: Kencana, 2020. Accessed: Jul. 28, 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=MYP1DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=metode+pembelajaran+anak+usia+dini&ots=Jsg8yMJl33&sig=_4toUHX41Ew_7xrRKIOordvB-uk&redir_esc=y#v=onepage&q=metode%20pembelajaran%20anak%20usia%20dini&f=false

M. Gatot and M. R. Doddyansyah, “Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Read Aloud,” J. Obor Penmas Pendidik. Luar Sekol., vol. Volume 1, p. Hal. 56-66, 2018, doi: https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v1i1.1482.

J. Senawati, N. K. A. Suwastini, I. G. A. S. R. Jayantini, N. L. P. S. Adnyani, and N. N. Artini, “The Benefits of Reading Aloud for Children: A Review in EFL Context,” IJEE Indones. J. Engl. Educ., vol. Volume 1, no. Issue 1, p. Hal. 73-100, Jun. 2021, doi: 10.15408/ijee.v1i1.19880.

N. Arta, “Efektivitas metode read aloud terhadap kemampuan menyimak sastra anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Kota Malang,” Universitas Negeri Malang, 2018. Accessed: Jun. 05, 2023. [Online]. Available: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8561

J. Dimyati, Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), 2nd ed. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP, 2014.

I. Wardhani and K. Wihardit, Penelitian Tindakan Kelas, 28th ed. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi, 2019.

“Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.” 2014. Accessed: Apr. 02, 2023. [Online]. Available: Permendikbud_137_2014_Standar_Nasional_PAUD.pdf

Published
2023-08-21