PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN “EDUSIBI” TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA SIBI ABK USIA DINI (TUNA RUNGU)
Abstract
Media pembelajaran mempunyai peran yang penting untuk menunjang proses pembelajaran terutama bagi anak tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bahasa SIBI (Sistem Informasi Bahasa Isyarat) terhadap media pembelajaran “EDUSIBI” dan pengaruh media pembelajaran “EDUSIBI” terhadap kemampuan bahasa SIBI ABK Usia Dini (Tunarungu). Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experiment dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa TKLB-B SLB Negeri Balikpapan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian siswa kelompok eksperimen sebanyak 4 orang dan siswa kelompok kontrol sebanyak 4 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan bahasa SIBI siswa menggunakan media pembelajaran “EDUSIBI” lebih tinggi dibandingkan media pembelajaran “Flash Card”, yaitu kelompok eksperimen dengan rata-rata N-Gain 0,78 sedangkan kelompok kontrol dengan rata-rata N-Gain 0,24. Selain itu, berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis (Uji-T) menggunakan program IBM SPSS Statistic 26 diperoleh nilai Sig. 0,00 yang berarti nilai tersebut kurang dari 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak yang berarti peningkatan kemampuan bahasa SIBI siswa yang memperoleh media pembelajaran “EDUSIBI” lebih baik daripada siswa yang memperoleh media pembelajaran “Flash Card”. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran “EDUSIBI” terhadap kemampuan bahasa SIBI ABK Usia Dini (Tunarungu).
References
Fitriyah dan W. Wijayanti, Ragam Media Pembelajaran Adaptif Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Relasi Inti Media, 2020.
Pemerintah Pusat, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 72 Tahun 1991 tentang Pendidikan Luar Biasa. Jakarta : Pemerintah Pusat : LN. 1991, LL Setkab : 21 HLM, 1991, hlm. 1–21.
D. R. Yahya dan S. Suyanto, “Handling Tantrums in Children Aged 5-6 Years in TK Pembina Kota Malang,” Advaces in Sosial Science, Education and Humanities Research, vol. 296, hlm. 340–343, 2019.
S. F. Magfiroh, “Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Anak Tunarungu Melalui Keterampilan Merias di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Jember,” Universitas Islam Negeri KIAI Haji Achmad Siddiq Jember, Jember, 2023.
M. Andayani, “Pengaruh Media Kartu Gambar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Kartika Fajar Baru Lampung Selatan,” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung, 2019.
Martina, “Hambatan Berbahasa Anak Berkebutuhan Khusus di ‘Bina Anak Bangsa’ Pontianak,” KANDAI, vol. 10, no. 1, hlm. 28–40, Mei 2014.
F. Yuliati, “Faktor-Faktor Strategik Pemerolehan Bahasa Anak Tunarungu (Studi Kasus di SLB-B Karnnamanohara Yogyakarta),” Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, 2006.
E. S. Melinda dan I. S. Heryati, Bina Komunikasi, Persepsi Bunyi & Irama Bagi Anak Berkebutuhan Khusus, II. Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media, 2019.
N. Haliza, E. Kuntarto, dan A. Kusmana, “Pemerolehan Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Dalam Memahami Bahasa,” Jurnal Metabasa, vol. 2, no. 1, 2020.
Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sistem Isyarat Bahasa IndonesiaCopyright © 2023 | All rights reserved., “Kamus SIBI Kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia,” https://pmpk.kemdikbud.go.id/sibi/profil, Desember 2020.
I. R. Karo-Karo S dan Rohani, “Manfaat Media Dalam Pembelajaran,” AXIOM, vol. VII, no. 1, hlm. 91–96, 2018.
M. Kristika, “Pengaruh Media Pembelajaran Math Puzzle Dari Microsoft Excel Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 B,” Universitas Balikpapan, Balikpapan, 2019.
E. Sudarmilah, “Edugame Application as Vocabulary Learning Media for Deaf Children,” International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, vol. 9, no. 2, hlm. 1543–1550, Apr 2020, doi: 10.30534/ijatcse/2020/97922020.
A. W. Putri, “Pengaruh Bahasa Isyarat Terhadap Interaksi Sosial Pada Anak Tunarungu,” Universitas Medan Area, Medan, 2018.
U. Uniasih, “Pengaruh Media Alphabet Finger Sign Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Isyarat Pada Anak Tunarungu,” Universitas Negeri Semarang, Semarang, 2019.