IMPLEMENTASI PELATIHAN KETERAMPILAN MASSAGE PADA GURU ANAK USIA DINI DI LEMBAGA PAUD

  • ALYSBED SYAHKURNIA ALDAMA UNIVERSITAS MULIA
  • NORLAILA NORLAILA UNIVERSITAS MULIA
  • BETY VITRIANA UNIVERSITAS MULIA
Keywords: MASSAGE, EARLY CHILHOOD, PASSION

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya pengetahuan massage anak usia dini pada lembaga (PAUD) balikpapan, selama ini belum banyak informasi yang mengungkap secara lengkap mengenai pelatihan massage anak usia dini. Massage pada umumnya hanya di terapkan untuk bayi namun juga bisa di terapkan untuk anak usia dini. Tujuan penelitian implementasi massage anak usia dini yaitu untuk mengetahui Implementasi Pelatihan Keterampilan Massage pada guru anak usia dini di lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) Balikpapan Serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan implementasi pelatihan keterampilan massage anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan keterampilan massage belum menjadi prioritas atau belum tersedia secara luas di sekolah balikpapan . Kesimpulan ini juga memberikan indikasi bahwa ada peluang untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi dalam pelatihan keterampilan massage AUD di wilayah balikpapan serta Mengadakan lebih banyak pelatihan di sekolah sekolah lainnya

References

W. &. A. Rasyid, "Pengaruh Pembiasaan, Kecerdasan Emosional, dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak," Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 4, 2022.

PELANGI JOURNAL VOLUME NOMOR ISSN. ISSN-E

I. &. H. W. Indrawan, Pendidikan Anak Pra Sekolah, Banyumas: CV. Pena Persada, 2020.

N. &. Yaswinda, "Evaluasi CIPP Penerapan Permendikbud 137 dan 146 Tahun 2014 di Kecamatan Sijunjung," Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 4, 2020.

Hasnawati, "Kompetensi Guru Dalam Persfektif Perundang-Undangan," Jurnal Inspiratif Pendidikan, vol. 9, no. 1, pp. 66-78, 2020.

D. &. M. D. H. A. G. Sirojudin, "Strategi Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalitas Guru Dalam Pembelajaran PAI di SMA 2 Darul ‘Ulum Jombang," Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, vol. 2, no. 1, pp. 57-65, 2019.

d. Bety Vitriana, "Pelatihan Teknis Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik Pauddi Kota Balikpapan Kalimantan Timur," Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 6, no. 2, p. 92, 2023.

V. M. F. Babang, "Identifikasi Perbedaan Manipulasi Massage Tradisional Dengan Manipulasi Sport Massage," Jurnal Motion, vol. 11, no. 1, pp. 47-57, 2020.

N. J. P. Sari, "Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Pertumbuhan Bayi Umur 5-6 Bulan," Skripsi Poltekkes Kemenkes Riau, 2020.

R. B. E. H. &. S. Y. Situmorang, "Peningkatan Kemampuan Ibu Tentang Pengetahuan Treatment Preventif (Pijat)

Pada Bayi," Jurnal Dehasen Untuk Negeri, vol. 1, no. 2, pp. 95-98, 2022.

M. R. Fadli, "Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif," Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, vol. 21, no. 1, pp. 33-54, 2021.

M. R. Fadli, "Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif," Humanika : Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, vol. 21, no. 1, pp. 33-54, 2021.

d. Nur Arfiani, "Bijak Menjadi Orang Tua Sebagai Bentuk Perlindungan Anak Dalam Menjalani Kegiatan Belajar Dari Rumah Selama Pandemi Covid-19," Jurnal Rechtens, vol. 9, no. 2, 2020.

d. Suprayitno, "PKM Guru-Guru PJOK Bidang Pendampingan Masase Cedera Olahraga Pada KKG PJOK SD Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara," Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 1-6, 2021.

I. &. S. Yuningsih, "Analisis Hasil Penilaian Kinerja Guru," EDUCREATIVE: Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak, vol. 6, no. 1, pp. 39-50, 2021.

Ismah, "Institutional Management In Improving The Quality Of Early Children Education Services (PAUD)," Early Childhood Education Development and Studies (ECEDS), vol. 3, no. 1, pp. 14-21, 2022.

Published
2023-08-21