KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER USIA 2-3 TAHUN MELALUI TERAPI WICARA
Abstract
Autisme Spectrum Disorder bukanlah suatu penyakit melainkan suatu sindrom yang ditandai melalui kemampuan berbicara anak yang sedikit. Penanganan yang tepat untuk anak autism melatih kemampuan berbicara dengan terapi wicara. Adapun tujuan penelitian adalah mendeskripsikan Bagaimana kemampuan berbicara anak autism spectrum disorder usia 2-3 tahun menjalankan terapi wicara dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam terapi wicara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data bersumber dari terapis terapi wicara dan orang tua. Hasil dari penelitian ini 2 anak mengalami gejala autism berat dan 1 anak mengalami autism ringan. Dengan hasil 2 anak sudah berkembang kemampuan berbicara dengan tahap ‘’True Speech”. Dan 1 anak belum berkembang kemampuan berbicara masih ditahap “Babling”. Adapun Faktor pendukung meningkatkan kemampuan berbicara dengan adanya stimulasi orang tua dan terapis dan dukungan. Namun selain itu faktor penghambat saat anak tantrum, gawai melebihi batas screen time, dan kurangnya komunikasi menyebabkan keterbatasan komunikasi dan berbicara.
References
S. Nur Hasanah., "Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini," Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2020.
F. G. Winarno, Autisme dan Peran Pangan, Jakarta: Gramedia Pustaka, 2022.
J. S. Florence Yik Nam Leung., "Emotion Recognition Across Visual and Auditory Modalities in Autism Spectrum Disorder: A Systematic Review and
Meta Analysis," Developmental Review, 2022.
A. S. Cahyaningtyas, "Pembelajaran Menggunakan Augment Reality Untuk Anak Usia Dini Di Indonesia," Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 5, no. 1, 2020, October.
D. d. Tarigan., Pengembangan Keterampilan Berbicara, Jakarta: Depdikbud, 2008.
K. &. W. K. Anis, "The Study of Speaking Ability in ASD (Autistic Speacktrume Disorder) Children at An Elementary School," Academia Open, vol. 6, 2022, June.
H. Elisabeth, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Erlangga, 2020.
E. N. I. &. F. M. Rizky, "Gambaran Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Proses Terapi Anak dengan Autism Spectrum Disorder," Jurnal Al Husna, vol. 1, no. 2, 2020, Agustus.
D. Nurhasanah, "Mengenal, Mendeteksi, dan Menangani Speech Delay dalam Perkembangan Berbicara Anak," t.t.
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2020.
A. Y. I. &. A. S. M. U. Sutrisno, "Pentingnya Pendidikan Anak di Usia Dini," Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 2021.
M. D. Rahiem, "Persepsi Orang Tua tentang Konsep dan Capaian Perkembangan Moral dan Agama Anak Usia Dini," Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, 2023, Juli.
W. S. R. K. A. &. B. N. K. Marlina, "Analisis Kemampuan Number Sense Siswa Autism Spectrum Disorder (ASD) di SLB Sri Soedewi Mascjun Sofwan Kota Jambi," Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 3, 2022.
L. d. al, "Autism Spectrum Disorder and Pupillometry: A Systematic Review and Meta Analysis," National Library of Medicine, 2021.
R. W. Nurhayati., "Penggunaan Model Discovery Learning Berbasis Media Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Belajar Matematika," Jurnal Pendidikan Matematika Al Qalasadi, vol. 4, no. 1, 2020.
H. M. D. &. H. S. D. Sulistyowati, "Pemerolehan Kosa Kata Anak Autism Spectrum Disorder (ASD)," Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 4, 2022.
B. Y. RI Rahmah., " Bahasa dan Seni," Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, vol. 48, no. 1, 2020.
A. O. Siregar, "Studi Kasus Keterlambatan Bicara Anak Usia 6 Tahun di Taman Kanak-Kanak," Aulad Journal on Early Childhood, vol. 2, no. 2, 2019.
W. M. F. &. R. P. Fauzia, "Mengenali dan Menangani Speech Delay Pada Anak," Jurnal al-Shifa, vol. 1, no. 2, 2020.
W. &. M. Y. Saputri, "Pemerolehan Bahasa Pada Anak Dengan Autism Spectrum Disorders (ASD)," Semantik, vol. 12, no. 1, 2023, February.
K. W. Karina Anis., "The Study of Speaking Ability in ASD (Autistic , Speacktrume Disorder) Children at An Elementary School," Academia Open, vol. 6, 2022.
D. Bety Vitriana, "Pelatihan Teknis Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik Pauddi Kota Balikpapan Kalimantan
Timur," Aptek mas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 6, no. 2, p. 92.