Peranan Admin Sales Dalam Menunjang Kelancaran Proses Bisnis Pada PT. Heriwel Surya Sejahtera Cabang Jakarta

  • Isti Prabawani Universitas Mulia
  • Alisa Alsina Universitas Mulia
  • Gaviota Vasthy Clarissa Universitas Mulia
Keywords: Peranan, Admin Sales, Kompetensi, Proses Bisnis

Abstract

Pekerjaan pimpinan tidak akan berjalan dengan lancar dan baik tanpa bantuan staf administrasi. Berdasarkan hal tersebut, staf administrasi berperan penting dalam menjaga kelangsungan hidup sebuah organisasi karenakan PT Heriwel Surya Sejahtera cabang Jakarta sering menemui masalah seperti, keterlambatan pembayaran piutang oleh pelanggan melebihi tempo yang disepakati dan adanya masalah alur pengiriman barang seperti, keterlambatan pengiriman barang. Admin Sales cabang Jakarta berperan penting secara administrasi dalam mengatasi permasalahan tersebut. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data adalah kualitatif deskriptif dan uji kredibilitas data dengan metode triangulasi. Hasil penelitian adalah peranan admin sales sangat penting dalam menunjang kelancaran proses bisnis. Kompetensi yang dimiliki admin sales ada 2 yakni secara teknis dan non teknis. Tantangan admin sales di masa depan bergantung dari sistem perusahaan dan perkembangan teknologi informasi.

References

K. Hasan and A. Pananrangi M, “Memahami Kebenaran Dalam Perspektif Filsafat Administrasi,” vol. 2, no. 1, 2019.

Sakidah, “Karakteristik Manajemen

Organisasi Islam,” Jurnal Al-Bayan, vol. 20, no. 1, 2014, doi: DOI:

http://dx.doi.org/10.22373/albayan.v20i29.1 15.

F. H. Nasution, “Peran Administrasi Perkantoran Dalam Dunia Bisnis,” Jurnal Warta, 2016.

E. Junaedi, “Peranan Bagian Administrasi Kantor PT Tangara Mitrakom Jakarta Pusat,” Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, vol. 6, no. 1, 2019, [Online]. Available: (http://www.openjournal.unpam.ac.id)

R. Sindi, “Tinjauan Aktivitas Administrasi Perkantoran Pada Perum Bulog Divisi

Regional Sumatra Barat,” Padang: Prodi Kesekretariatan dan Manajemen Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Andalas, 2017, [Online]. Available: (http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24666)

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta, 2013.

A. HIdayat, “Penelitian Kualitatif (Metode): Penjelasan Lengkap.,” 2012. https://www.statistikian.com/2012/10/penelit ian-kualitatif.html

Riduwan, Skala Pengukuran Variabel- Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2010.

M. B. Miles, A. M. Huberman, and J Saldana, 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press., 3rd ed. UI-Press, 2014.

F. A. Islami, “Analisis Pengaruh Hard Skill, Soft Skill, dan Motivasi Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan (Studi Pada Tenaga Kerja Penjualan PT Bumiputera Wilayah

Semarang),” Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang, 2012. [Online].

Available: http://eprints.undip.ac.id/35849/1/SKRIPSI_ ISLAMI.pdf

Wahyuni, “Pengaruh Hard Skill dan Soft Skill Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan,” Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, 2016. [Online]. Available: http://repositori.uin- alauddin.ac.id/2006/1/SKRIPSI%20WAHY UNI.pdf

R. A. Farmila, “Pengaruh Kompetensi Pegawai Terhadap Penerimaan Pajak Restoran Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru,” Jurusan Administrasi Negara, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, 2014. [Online]. Available: http://repository.uin- suska.ac.id/4167/

Published
2022-12-20
Section
Articles