Analisis Kepuasan Driver Grab Sebagai Mitra Kerja Stickearn Terhadap Pelayanan Stickearn Di Balikpapan
Abstract
Permasalahan yang timbul dari para Driver Grab di Balikpapan mengenai pelayanan StickEarn sejak pandemi
Covid-19 berlangsung di Indonesia, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan mengetahui dan menganalisis kepuasan Driver Grab sebagai mitra kerja StickEarn terhadap pelayanan StickEarn di Balikpapan. Metode penelitian bersifat kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 50, dengan jumlah sampel menggunakan semua jumlah populasi. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner data dan pengumpulan data sekunder menggunakan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian dari pendekatan Service Quality didapatkan nilai rata-rata dengan dimensi Tangibles 4,08 (Sangat Baik), Reliability 3,42 (Baik), Responsiveness 3,42 (Baik), Assurance 3,88 (Baik), dan Empathy 4,30 (Sangat Baik). Dapat disimpulkan bahwa responden yang setuju dan sangat setuju terhadap pelayanan StickEarn saat ini diperoleh angka rata-rata 3,72 itu berarti bahwa pelayanan yang sudah berjalan saat ini dianggap baik karena melihat pada hasil pengukuran dengan Skala Likert diperoleh angka 3,82 dengan kategori “Baik”, namun masih ada yang perlu diperbaiki pada beberapa dimensi yaitu reliability, responsiveness, dan assurance yang mana dimasa yang akan datang bisa lebih ditingkatkan lagi agar para mitranya dapat memperoleh pelayanan jauh lebih baik.
References
P. Kotler and K. L. Keller, Marketing management, 14th [ed.]. Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall, 2012.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif. dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Cet VI; Jakarta: Alfabeta, 2008.
U. Husein, Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003.
U. Sekaran, Research Methods for business: A Skill Building Approach. Singapore: John Wiley & Sons, Inc., 2000.
S. Arikunto, Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.
R. Lupiyoadi and A. Hamdani, Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 2001.
R. Lupiyoadi, Manajemen Pemasaran Jasa Edisi kedua. Jakarta, 2006.