PENINGKATAN KESADARAN PENDIDIKAN SEKS DAN PENCEGAHAN BULLYING DI SDN SAWAH BESAR 02 MELALUI METODE PSIKOEDUKASI
Abstract
Pendidikan seks dan pencegahan bullying adalah dua aspek krusial dalam pembentukan karakter dan kesejahteraan siswa di sekolah dasar. Program psikoedukasi ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan siswa SDN Sawah Besar 02 mengenai pendidikan seks serta mengurangi insiden bullying melalui pendekatan yang interaktif. Penyampaian materi menggunakan audio-visual support untuk memudahkan pemahaman siswa. Evaluasi program menunjukkan peningkatan pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai topik-topik pendidikan seks seperti pubertas, batasan pribadi, dan kesehatan reproduksi serta pencegahan terhapap perilaku bullying. Hasil dari program ini menunjukkan metode psikoedukasi yang interkatif efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap pendidikan seks dan perilaku bullying. Diharapkan program ini dapat diadopsi dan dikembangkan dengan pendekatan yang komprehensif oleh sekolah-sekolah lain yang ingin meningkatkan kesadaran pendidikan seks dan mencegah bullying pada siswa maupun warga sekolah.
References
Amaliyah, S., Irsyadiyah, AU., & Mayasari, I. (2023). Peduli Sayangi: Psikoedukasi pencegahan tindakan bullying di sekolah dasar inklusi SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang. Jurnal Dedication, 7(1), 59-66. https://doi.org/10.31537/dedication.v7i1.1026
Hawkins, D., & Smith, A. (2019). Psychoeducation and Behavior Change: A Practical Guide for Educators. Educational Psychology Review, 31(3), 425-438.
Insiyah, N. S., & Hidayat, S. (2020). Kajian tentang Komunikasi Orang Tua dalam Pendidikan Seks untuk Anak Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2). https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25342
Kontesa, M., & Nurleny, N. (2020). Education of Love Your Body for Prevention of Sexual Behavior in Children Age at SDN 20 Kurao Pagang. Jurnal Peduli Masyarakat, 2(3), 95-104. https://doi.org/10.37287/jpm.v2i3.121
Miller, K. S., & D'Angelo, L. (2020). Sex Education and Its Impact on Adolescent Health: A Review. Journal of Adolescent Health, 66(2), 142-150.
Oktora, S. D., Muslihin, H. Y., & Elan, E. (2023). Analysis of sexual education knowledge in children of elementary school. Jurnal Pendidikan IPS, 13(1), 45-58. https://doi.org/10.37630/jpi.v13i1.969
Rahayu, B., & Permana, I. 2019. Bullying di Sekolah : Kurangnya Empati Pelaku Bullying Dan Lack Of Bullies Empathy And Prevention At School. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237–246.
Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2892
Rosenblum, S., & Hein, M. (2021). Effective strategies for teaching about personal boundaries and respect. Child Development Perspectives, 15(1), 56-63.
Smith, P. K., & Sharp, S. (2018). Bullying Prevention and Intervention: Realistic Approaches. Cambridge University Press.
Wajdi, F., & Arif, A. (2021). Pentingnya pendidikan seks bagi anak sebagai upaya pemahaman dan menghindari pencegahan kekerasan maupun kejahatan seksual. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(3), 129-137. https://doi.org/10.53769/jai.v1i3.130
Wulandari, M. D., Sayekti, I. C., Purwanti, O. S., Kusuma, R. R., Fadillah, R., Enikmawati, A., Hamranani, S. S. T., Parahadi, M., & Nadia, H. (2023). Penguatan peran guru sekolah dasar dalam psikoedukasi pendidikan seks pada anak. Jurnal Ilmu Kesehatan dan Pendidikan, 3(2), 123-135. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i2.126