OPTIMALISASI PERAN ORANGTUA DALAM MELEJITKAN PRESTASI ANAK MELALUI PENGASUHAN DI RUMAH
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendalami peran penting orang tua dalam membentuk lingkungan pengasuhan yang mendukung prestasi anak. Metode yang digunakan adalah penyelenggaraan seminar parenting yang melibatkan 40 orang tua siswa dari sekolah Taud Saqu Istiqomah Balikpapan. Seminar ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai strategi pengasuhan efektif yang dapat diterapkan secara praktis dalam kehidupan sehari-hari. Topik interaktif yang menjadi materi dalam kegiatan ini yaitu topik-topik seperti peran positif orang tua dalam perkembangan akademik anak, strategi komunikasi efektif dengan anak, serta pendekatan pengasuhan yang mendukung motivasi dan kemandirian. Diskusi kelompok dan studi kasus digunakan untuk mengilustrasikan penerapan praktis dari materi yang disampaikan. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui penggunaan kuesioner pra-seminar untuk menilai pemahaman awal peserta, dan kuesioner pasca-seminar untuk mengukur perubahan sikap dan pengetahuan mereka setelah mengikuti kegiatan. Hasil dari evaluasi tersebut memberikan gambaran yang jelas tentang dampak positif dari seminar ini terhadap peningkatan pemahaman, peran dan kualitas pengasuhan orang tua, serta dampaknya terhadap prestasi akademik anak-anak mereka. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan pengetahuan praktis kepada orang tua, tetapi juga untuk mendorong perubahan positif dalam pendekatan pengasuhan di rumah, sehigga dapat berkontribusi pada peningkatan prestasi belajar dan kesejahteraan anak-anak di masyarakat setempat.
References
Arfiani, N., Sari, O. N., & Vitriana, B. (2020). Bijak menjadi Orang Tua sebagai Bentuk Perlindungan Anak dalam Menjalani Kegiatan Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Rechtens, 9(2), 127-140.
Bronfenbrenner, U., & Morris, P. A. (2006). The bioecological model of human development. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology: Theoretical models of human development (pp. 793-828). John Wiley & Sons Inc.
Citta, W. (2023). Sosialisasi Bahaya Penggunaan Handphone Pada Anak-Anak Di Kelurahan Lamaru Kota Balikpapan. JURNAL MULIA, 2(2), 114-118.
Hornby, G., & Blackwell, I. (2018). Barriers to parental involvement in education: An update. Educational Review, 70(1), 109-119.
Karmawan, K., Supriadi, N., & Lestari, R. (2020). Peran orangtua dalam pendampingan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1325-1335.
Pinquart, M. (2016). Associations of parenting styles and dimensions with academic achievement in children and adolescents: A meta-analysis. Educational Psychology Review, 28(3), 475-493.
Purwanti, S., Wardhana, M. A., & Vitriana, B. (2024). Persepsi Masyarakat Balikpapan terhadap Gerakan Transisi Paud ke SD yang menyenangkan. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 12(2), 129–137. https://doi.org/10.32534/jjb.v12i2.5985
Putri, J. (2024). Strategi Penyesuaian Belajar Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di PAUD. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 12(2), 63–74. https://doi.org/10.32534/jjb.v12i2.5698
Vitriana, B., Suprijadi, S., Purwanti, S., Norlaila, N., & Gustina, L. H. (2023). Upaya Peningkatan Peran Orangtua Dalam Mendidik Anak Usia Dini Di Era Globalisasi. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(12), 4410-4415.
Wilder, S. (2014). Effects of parental involvement on academic achievement: A meta-synthesis. Educational Review, 66(3), 377-397.