SOSIALISASI BAHAYA PENGGUNAAN HANDPHONE PADA ANAK-ANAK DI KELURAHAN LAMARU KOTA BALIKPAPAN

  • Warrantia Citta Universitas Mulia
Keywords: gawai, permainan, anak-anak, internet, lamaru

Abstract

Fenomena gadget telah merambah wilayah di Indonesia baik perkotaan maupun pedesaan dan pada usia dini telah mengetahui penggunaan gadget. Perkembangan sosial anak yang menggunakan gadget bahkan sampai kecanduan sebagian besar terlihat pasif dalam pergaulan dengan teman sebayanya, mereka lebih suka menyendiri dan nyaman dengan gadgetnya, aktivitas motoriknya sangat minim. Sehingga optimalisasi potensi diri anak diperlukan peran serta orang tua yang menjadi unsur terpenting dalam pembentukan dan perkembangan kepribadian anak. Oleh karena itu dilakukan pengabdian masyarakat menggunakan metode pendekatan sosialisasi yaitu ceramah, dialog, diskusi dan pemecahan masalah. Pembahasan terkait diskusi dengan anak-anak serta warga sekitar terdiri dari : (1) dampak positif dan negatif dari penggunaan handphone pada anak-anak; dan (2) memberikan ide permainan anak-anak tanpa menggunakan handphone. Pemahaman dampak positif dan negatif penggunaan smartphone pada anak memberikan gambaran sehingga orang tua maupun anak dapat mengurangi atau mengatur penggunaan smartphone sehingga dampak negatif akan minim dirasakan. Selain itu, dengan adanya pemberian ide permainan untuk menggantikan kesibukan saat menggunakan smartphone diharapkan dapat direalisasikan dengan baik oleh anak-anak sehingga kemampuan anak dari segi motorik dan psikomotorik dapat terasah dengan baik.

References

Abdullah, F. A. (2018). Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kihajar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo [Skripsi]. Universitas Negeri Gorontalo.

Alia, T., & Irwansyah, I. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital [Parent Mentoring of Young Children in the Use of Digital Technology]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 65. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.639

Asosisasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2020). Laporan Survei Internet APJII (2019-2020).

Chusna, P. A., & Al-Muslihun, S. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan.

Hanum, Z. (2021, March 7). Kemenkominfo: 89% Penduduk Indonesia Gunakan Smartphone. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/389057/kemenkominfo-89-penduduk-indonesia-gunakan-smartphone

Islami, N. (2017, July 25). Pengaruh Gadget Pada Anak. Kementrian Komunikasi Dan Informatika. https://www.kominfo.go.id/content/detail/10161/pengaruh-gadget-pada-anak/0/sorotan_media

Pangastuti, R. (2017). Fenomena Gadget dan Perkembangan Sosial bagi Anak Usia Dini. Indonesia Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.51529/ijiece.v2i2.69

Putri, N. H. (2023, March 27). Panduan Psikolog Tentang Penggunaan Gadget Pada Anak. SehatQ. https://www.sehatq.com/artikel/anak-keseringan-main-hp-bagaimana-dampak-gadget-pada-si-kecil

Salehudin, M., Marniah, & Hariati. (2020). Siswa Sd Menggunakan Smartphone Dalam Pembelajaran Online. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.37850/ibtida

Published
2023-08-31
Section
Articles