PELESTARIAN DAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK WISATA TAHU WALIK KHAS BANYUWANGI DIMASA PANDEMI COVID 19

  • Cahyani Pratisti Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Novita Sari Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Niken Paramitasari Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Yusminar Wahyuningsih Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Keywords: Inovasi Produk, Merek, Pengemasan, Pemasaran Online, Tahu

Abstract

UMKM Tahu Bapak Ahmad di Desa Mulyo Rejo II, Kecamatan Bunga Mayang, Kabupatan Lampung Utara merupakan salah satu UMKM yang terdampak covid-19. Pendapatan UMKM mengalami penurunan sebesar 38% karena adanya larangan PSBB dan merurunnya daya beli masyarakat. Tahu Walik merupakan kuliner nusantara yang berasal dari Kabupaten Banyuwangi dan belakangan ini banyak digemari. Pengabdian ini  bertujuan untuk melatih UMKM dalam mengkreasikan Tahu Walik, membuat merek, pengemasan, serta pemasaran menggunakan saluran online. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan pendekatan Participatory Learning and Action (PLA) dengan metode ceramah, diskusi, dan pelatihan. Setelah pengabdian didapat produk Tahu Walik original dan balado, kemasan dan merek tahu walik Krezz, serta saluran pemasaran menggunakan whatsapp bisnis, Instagram bisnis, facebook dan shopee. Kreasi tahu lainnya diperlukan agar konsumen tidak bosan dan UMKM Tahu memiliki daya inovasi yang tinggi.

References

Aaker, D. A. (2015). Aaker on Branding 20 Prinsip Esensial Mengelola dan Mengembangkan Brand. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Afiyah, Z. (2018). Tahu Walik Petis Ikan Khas Banyuwangi (Perencanaan Pendirian Usaha Tahu Walik di Sekitar Stasiun Pondok Cina, Depok). Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial. UNJ, Skripsi.

Ahmed, Pervaiz K, Shepherd, C.D. (2010). Innovation Management. New. Jersey: Pearson Education, Inc.

Aisyah, S. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Bagi Umkm Serta Strategi e-marketing Umkm di Indonesia. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negri Sumatera Utara, Medan. Laporan Penelitan.

Andy, P.W., Martha, J.A., Indrawati, A. (2020). Digital Marketing. Cetakan pertama. Malang: PT. Literindo Berkah Karya.

Cinantya, I.G.(2017). Kajian Visual Estetik pada Desain Kemasan Produk Cokelat UKM Kelompok Tani Elok Mekar Sari Surabaya. Jurnal Desain Ide. Vol. 16, No.2 hal 6-12. Doi: http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v16i2.3587.

Dewi, L.K.C., Wardana, M.I., Yasa, N.N.K., Sukaatmadja, I.P.G. (2021). Entrepreneurial Marketing, Customer Relationship Marketing, Inovasi Produk, dan Daya Saing UKM: Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian. Cetakan Pertama. Bandung: Media Sains Indonesia.

Finansialku.com. (2001). Kuliner Khas Indonesia. Diambil dari https://www.finansialku.com/kuliner-khas-indonesia/

Frid.ittelkom-pwt.ac.id. (2020). Pengabdian Pada Masyarakat. Diambil dari:

Hanamay, N.D., Ekasari, L.D., Mukoffi, A. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Pendapatan UMKM Pada Pabrik Usaha Tahu Amda. Jurnal Akuntansi Kompetif, Vol. 4, No. 3, hal 263-269. Doi:https://doi.org/10.35446/akuntansikompetif.v4i3.717.

Hubeis, M. (2012). Manajemen Kreativitas dan Inovasi dalam Bisnis. Jakarta: PT. Hecca Mitra Utama.

Kampungkb.bkkbn.go.id. (2022). Profil Desa Mulyo Rejo II. Diambil dari https://kampungkb.bkkbn.go.id/kampung/2250/mulyorejo-ii

Kienan, B. (2001). Small Business Solutions E-Commerce untuk Perusahaan Kecil. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Kompas.com. (2020). 15 Makanan Khas Banyuwangi, Banyak yang Unik, Salah Satunya Botok Tawon. Diambil dari https://www.kompas.com/food/read/2020/09/30/150700875/15-makanan-khas-banyuwangi-banyak-yang-unik-salah-satunya-botok-tawon?page=all

Kotler, P., Amstrong, G. (2012), Principles of Marketing, 15th Edition. London: Pearson Education Limited.

Kotler, P. Keller, K.L. (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Nugroho, S.B., Adhityawan, M., Agustini, D.H. (2019). Pendampingan Pemasaran Melalui Perbaikan Kemasan Produk Makanan Ringan Pengusaha Kecil di Semarang Utara. Jurnal PATRIA, Vol. 1 | No. 1, hal 1-9.

Susilawati, S., Falefi, R., & Purwoko, A. (2020). Impact of COVID-19’s Pandemic on the Economy of Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1147–1156. https://doi.org/10.33258/birci.v3i2.954.

Traveling.bisnis.com. (2022). Makanan Indonesia yang Mendunia. Diambil dari https://traveling.bisnis.com/read/20220608/223/1541450/7-makanan-indonesia-yang-mendunia

Published
2022-08-22
Section
Articles